Sabtu, 12 Mei 2012

Benteng Pendem, Wisata Sejarah Andalan Cilacap

Benteng Pendem merupakan benteng peninggalan Belanda dengan luas sekitar 6,5 hektare. Awalnya benteng pendem merupakan benteng pertahanan tentara Hindia Belanda. Benteng ini untuk menghadapi serangan musuh terutama Jepang yang datang dari arah laut. Benteng ini memang memiliki posisi yang sulit terlihat sehingga sulit dideteksi musuh.

Wisata sejarah ini dibangun pada 1861 dan selesai 18 tahun kemudian. Sebagai benteng, bangunannya dikelilingi tembok yang sangat kuat. Selain itu, di sekeliling benteng merupakan pagar dan parit.

Benteng pendem memiliki banyak ruangan di dalamnya. Ruangan-ruangan itu antara lain sekitar puluhan kamar, gudang tempat menyimpan senjata dan benteng untuk mengintai musuh. Selain itu ada juga ruang rapat, ruang tempat penyimpanan senjata dan amunisi, ruang tembak dan penjara, dapur umum, dan ruang pengobatan.

Benteng pendem sekilas memang terkesan kuno dan misterius. Beberapa barak berbentuk setengah lingkaran karya arsitek Belanda. Bangunan kuno nan indah adalah pemandangan benteng pendem. Di ruang meriam, terdapat lubang-lubang tempat meriam diluncurkan ke arah laut.

Sebagai tempat wisata, benteng pendem memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas itu antara lain taman bermain anak, kolam untuk memancing, tempat beristirahat, warung makan, dan tempat parkir yang luas.

Harga tiket masuknya juga sangat murah, hanya sekitar Rp3.000 hingga Rp5.000 saja. Lokasinya yang sangat dekat dengan pantai bisa membuat pengunjung sekaligus bermain di pantai dan menikmati keindahan laut. [mor]                           
Headline
Foto: Ist      Sumber: http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1591222/benteng-pendem-wisata-sejarah-andalan-cilacap/

1 komentar: